Tuesday, July 9, 2013

MAGANG DI JWT JAKARTA



Sebagai mahasiswa semester 8, saya terbilang telat dalam hal magang, karena teman-teman saya kebanyakan magang di semester 7, sehingga di semester 8, kegiatan mereka hanya tinggal ketemu dosen pembimbing dan revisi skripsi. Nah, dalam kondisi deg-deg’an seperti itu, beruntung sekali saya melihat twit @KampusUpdate yang me’RT twit salah satu Creative Group Head Agency Multinasional JWT Jakarta yg menyatakan kalo mereka membutuhkan mahasiswa intership untuk posisi Creative. Tanpa pikir panjang, saya langsung kirim CV dan semua portofolio saya untuk posisi tersebut. Nih, CV yang saya kirim untuk portofolio mungkin bisa dicek di sini (hehehe)

Curriculum Vitae

Back to the topic. Gak nyangka, 3 hari setelah itu saya dapat e-mail balasan yang mengatakan bahwa saya diterima magang di sana. Senangnya Ruuuaarrrbiasaaaa kala itu. Lalu, saya minta untuk posisi Copywriter dan memulai magang di tanggal 19 Februari. Dan ternyata mereka setujui. Masih ada 2 minggu sebelum hari pertama itu datang, saya coba persiapkan mental dan pengetahuan saya tentang IKLAN (Ini penting) dan tentunya alamat kantor sekaligus transportasi yang akan saya gunakan nantinya ke Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat tersebut.

Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggupun tiba. Hari pertama yang mengharuskan saya hadir jam 9.30 itu sungguh membuat saya deg-degan. Ibarat menunggu hasil UN, kita mencoba menerka-nerka apa yang akan terjadi. Sayapun dibawa masuk ke ruangan Creative yang pastinya berbeda banget sama kantor “pada umumnya”. Ada 2 tim kreatif, saya ditempatkan di tim Mbak Pingkan (Creative Director di tim tersebut). Saya diperkenalkan oleh semua orang yang ada di tim tersebut, ada Kakak (Debrina, Nabyl, Aji, Budi, Yustan, dan Nayang).

Ini ruang kreatif di tim Mbak Pingkan, yang di ujung sana tim nya Mas Leonard Wiguna 
(kalo anak iklan pasti kenal)

Hari pertama sungguh sangat menyiksa batin. Bukan karena pekerjaan yang banyak, tetapi justru karena gak ada kerjaan. Nah, di sinilah kemampuan komunikasi sangat diuji. Mereka gak mungkin “sok akrab” dengan ngasih tugas ke kita, Ini yang perlu kita ingat, mereka sangat sangat sibuk untuk ngejar deadline kerjaan, bukan sombong. Jadi, kita yang harus “sok akrab” sama mereka, WAJIB Nih !!. sayapun coba mendekati Ka Nabyl, yang jadi mentor Copywriting saya. Puji Tuhan, saya dapet kerjaan. Then my first copywriting task in JWT was making the name for Mentari newest promo. Nama yang dipilih adalah MENTARI SUPER WIFI (ada yang familiar dengan nama ini? hehe).

Ini contoh Creative Brief di JWT untuk produk Canesten

Sejak saat itulah, saya mencoba selalu “sok akrab” dengan mereka, walaupun terkadang saya dijadikan bahan tertawaan (Ceng’an) mereka, tapi tenang aja.. itu justru awal yang baik untuk menghilangkan kekakuan di dunia kerja. Gak mau dong kalo selama kerja yang notabene membutuhkan team work tinggi tapi malah canggung-canggung’an gak jelas ? malah gak betah nanti.

Hari kedua, saya diajak untuk kumpul bersama semua tim kreatif untuk mendengar contoh-contoh iklan radio yang menang di kompetisi international di ruangan Executive Creative Director, mas Ivan Hadi Wibowo, dengan maksud meningkatkan motivasi para tim kreatif dalam membuat iklan initiative (iklan yang dibuat untuk kompetisi). Exiceted sekaligus agak pusing gara-gara dengerin iklan radio berbahasa inggris (hufff banget dehhh.. hahaha). Setelah itu, mulai terjadi keakraban antara saya si anak magang dengan mereka. Saya diajak Brainstorming untuk mencari ide iklan, baik di ruang kreatif, di luar ruang kreatif, bahkan di warung kopi yang ada tepat di samping taman proklamasi.  For you info, mereka benar-benar dikasih kebebasan untuk pergi kemana saja dan brainstorming kapan saja dalam mencari ide, yang pasti deadline harus tercapai. Bahkan, jika mereka belum dapat ide yang “briliant”, mereka rela pulang hingga subuh (ini dia pengorbanan orang-orang kreatif dibalik iklan yang selama ini kita anggap “sampah”), tapi saya selalu pulang sekitar jam 7 malam, selama pekerjaan saya selesai tentunya.

Untuk pekerjaan Copywriting yang saya lakukan selama di JWT sangat beragam, dari mulai bikin nama brand activation Canesten, bikin Highlight, ide iklan radio, iklan cetak dan TVC untuk produk-produk IM3, Mentari, Redoxon dan Bephanten, hingga Trans-Create (men’translate sekaligus create kata-kata baru) body copy untuk iklan-iklan produk international seperti Shell Helix, Nokia Lumia dan HSBC.

Ini story board iklan Redoxon yang terbaru, proses dan revisiny berbulan-bulan lho, padahal iklannya baru nongol belakangan ini kan ? hehe


Salah satu kerjaan Trans-Create dari Leaflet Nokia Lumia yang memusingkan

Di JWT, Seluruh karyawan maupun anak magang yang akan mengakhiri masa kerjanya akan dikenakan ritual wajib. Yakni diceburkan ke dalam kolam ikan yang ada di tengah-tengah kantor. Dan itupun berlaku pada saya. Hal itu jadi bahan hiburan yang penting banget buat seleuruh orang di sana, menghilangkan penat di tengah Rushing Time. Tp sayang, saya gak punya dokumentasinya :(


Kolamnya tuh kaya gini gannn :D

Banyak sekali pelajaran yang saya dapat selama magang di JWT yang tim kreatifnya welcome dan cerdas-cerdas itu. Belajar cara membuat iklan dan prosesnya dalam industri agency periklanan, membuat iklan yang diminati klien, mental dalam menghadapi deadline, dan ketangkasan dalam berpikir, karena biasanya saya membuat ide iklan dalam waktu berhari-hari, namun di sana kita harus berpikir kreatif setiap saat.

Kini saya semakin menghargai tiap iklan yang ada di semua media, khususnya yang dibuat oleh JWT. Karena paham betul dengan proses dibalik itu. Buat teman-teman yang ingin magang di dunia kreatif seperti Periklanan, harus belajar komunikatif dan “sok akrab” ya guys, supaya kalian gak “dianggurin” dan bisa dapet kerjaan banyak. Buat saya, banyaknya kerjaan adalah prestasi, karena itu berarti senior-senior kita di kantor tidak meng’underestimate kita. Dan jangan pernah sakit hati ketika mereka menjadikan kita sebagai bahan ceng’an, dibawa santai aja, itu pasti berguna untuk keakraban team work. Terimakasih buat yang mau membaca. Spread your smile and cheerrrsss ^^   


19 comments:

  1. Hahaha gue juga kemarin magang di Lowe Indonesia jadi copywriter. Mirip-mirip sih, bahkan gu belajar copywriting bener-bener dari 0 jadi beberapakali bikin kecewa juga. Tapi emang seru banget. Mungkin ke depannya gue ke JWT (semoga diterima)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Yoi bro.. Capek sih, tp emang seru yaa :D
      Gue juga sering ngecewain dulu. SE MA NGAT Broo !!

      Delete
  2. bro kalo mau magang di JWT caranya gimana ?

    ReplyDelete
  3. Caranya gampang, bro... buat portofolio semenarik mungkin. Trus, tanya langsung deh sm admin twitter kantornya. Nihh ---> https://twitter.com/JWTJakarta
    Kalo emang lg butuh, cepet dipanggil ko. Good Luck!

    ReplyDelete
  4. Kak, kalau gw mau ngelamar buat magang di JWT kirim ke email yg mana ya? Imelda.kristanto@jwt.com bukan? thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Laurencia,

      Bagusnya sih kalo mau apply CV untuk magang, kirim ke orang yg bersangkutan sesuai posisi yg kita mau. Jangan ke HRD. Kalo dulu, berhubung gue pengen magang utk posisi Copywriter, maka gue kirim email ke kreatif-nya. Kebetulan, gue kirim ke Creative Group Head. Good Luck!

      Delete
    2. nama email creativenya apa ya?

      Delete
  5. kak boleh minta alamat email creative nya gak? :) thx before

    ReplyDelete
  6. Kak boleh minta alaat emai creative nya ga? Mohon bantuannya ya, soalnya aku juga pengen magang jadi copywriter. Tolong dibalas, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru balas....
      langsung email CV + Porto yang paling menariiiiiiiiiikkkkkkkkk (bener2 harus stand out. hehe)

      ke irma.suryani@jwt.com

      Good luck!

      Delete
  7. Kak boleh minta alaat emai creative nya ga? Mohon bantuannya ya, soalnya aku juga pengen magang jadi copywriter. Tolong dibalas, makasih :)

    ReplyDelete
  8. Thanks ya udah mampir.
    Ini mendadak cek blog lagi karena banyak yg message pribadi ke saya. Hehehe

    Good luck juga ya bro!

    ReplyDelete
  9. kak ada bagian sosial media gak ya?

    ReplyDelete
  10. kak, kalau mau magang disana syaratnya apa aja dan selain cv kita harus kasih apa lagi ya dokumen2nya? terimakasih kak

    ReplyDelete
  11. Kak tau bagian divisi2nya yg Ada di agency itu gimana ya ?

    ReplyDelete
  12. Kak tau bagian divisi2nya yg Ada di agency itu gimana ya ?

    ReplyDelete
  13. Misi ka mau nanya
    JWT bagian creative nya masih buka internship gak ya?

    ReplyDelete
  14. Kalo jurusan Sasing disana selain jadi copywriter bisa jadi apa aja? Bales

    ReplyDelete